hUmF2kFFNxUXpHWOJJD4ChZsbOGEuTjmm6eNDkYL

Recent Posts


loading...

Tags

Recent Posts

recentposts

RESMI!! Sony Xperia M4 Aqua dengan ROM Unofficial khusus (ANDROID 11)

Dalam beberapa minggu terakhir, kami telah membuat banyak postingan tentang pembaruan resmi Android 11 dan ROM kustom berbasis Android 11Bahkan ada build Generic System Image (GSI) khusus khusus yang dengannya siapa pun bisa merasakan Android 11 di perangkat yang kompatibel dengan Project Treble .

Namun, pencapaian serupa belum dibuat dalam domain pengembangan kernel generik. Jika setiap komponen perangkat keras dari smartphone Android tertentu dapat di- upstream ke kernel Linux jalur utama , perangkat tersebut harus dapat mem-boot distribusi GNU / Linux biasa tanpa perubahan tambahan, yang juga membuatnya lebih mudah untuk mengikuti versi AOSP yang lebih baru.

Sekarang, pengembang kernel veteran Pavel Dubrova, Anggota AKA XDA Cubbins telah memamerkan Sony Xperia M4 Aqua yang benar-benar menjalankan kernel Linux jalur utama di bawah ROM kustom AOSP 11.0.

Link Forum Download Android 11

Seperti semua perangkat Android, Sony Xperia M4 Aqua 2015 berjalan pada kernel Linux yang dimodifikasi. Google biasanya menggunakan rilis kernel Linux jalur utama dan kemudian memodifikasinya untuk mendukung rilis Android terbaru pada saat itu mereka menyebutnya "Kernel Umum Android".


Pembuat chipset (dalam hal ini, Qualcomm) kemudian menggunakan Android Common Kernel dan memodifikasinya lebih lanjut untuk membuat kernel khusus SoC.

OEM / ODMs (seperti Sony) kemudian menggunakan kernel khusus SoC dan membuat perubahan lebih lanjut untuk mendukung perangkat keras mereka atau komponen vendor tambahan - kami menyebutnya kernel khusus perangkat.

Karena kernel Linux didistribusikan di bawah lisensi GNU GPL v2, semua entitas yang mendistribusikan garpu dari kernel (yang menyertakan pengiriman blob kernel Linux pada perangkat komersial) diharuskan untuk memberikan kode sumber untuk kernel mereka atas permintaan.

Sony memang merilis kode sumber kernel untuk Xperia M4 Aqua (nama kode "tulip") berdasarkan Linux Kernel 3.10, tetapi mengingat fakta bahwa ponsel terlalu tua untuk mendukung Project Treble, pohon sumber resmi tidak cukup untuk port versi modern Android (atau distribusi Linux apa pun ) ke perangkat ini.

Pavel, yang juga berkontribusi pada proyek postmarketOS , telah membuat pohon perangkat kustom dari awal untuk Xperia M4 Aqua untuk mengaktifkan dukungan Kernel Linux jalur utama (perhatikan bahwa "jalur utama" di sini dan "Jalur Utama Proyek" milik Google tidak terkait). Pengembang juga telah mengupload build AOSP 11.0 siap-flash untuk ponsel ini, yang dikirimkan dengan Linux Kernel 5.9 RC7 yang telah dikompilasi.



Sampai sekarang, banyak fitur khusus perangkat keras yang kurang di ROM, tetapi tidak apa-apa karena kami masih dalam tahap awal dan fitur-fitur ini akan diperbaiki di sisi sumber seiring waktu.

Kami berharap dukungan resmi untuk hampir semua komponen perangkat keras penting dalam kernel Linux akan membuka jalan bagi versi Android yang akan datang, dan sistem operasi berbasis kernel Linux lainnya, untuk diporting ke Xperia M4 Aqua dan perangkat serupa lainnya.

Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut, lihat utas XDA yang ditautkan di bawah ini.

Android 11 dengan Mainline Linux Kernel untuk Sony Xperia M4 Aqua - XDA Thread

Source: XDA Developers

Related Posts

Related Posts

Post a Comment